• Register

Ini Faktanya : Game Awal Semangat Belajar

Author : jusj4mbu    

gaming-to-classroom

Game bisa membuat anak-anak lebih tertarik dengan sekolah

Banyak guru bermimpi tentang datang ke kelas yang penuh dengan siswa-siswi yang tertarik. Banyak juga sering bertanya-tanya tentang bagaimana mereka bisa membuat ini terjadi.

Nah, ternyata bahwa cara untuk membuat anak-anak peduli adalah membuat sekolah menjadi menyenangkan lagi. Ternyata, bermain game dapat memainkan peran besar tersebut.

Betapa tidak? Lagi pula, game meningkatkan konsentrasi yang tidak banyak dijumpai pada kegiatan lain. Sebuah game besar dapat membawa banyak kegembiraan dalam keseharian seseorang, dan rasa ini bisa disalurkan ke dalam tujuan pendidikan.

Diana G. Oblinger, seorang peneliti dan presiden EDUCAUSE, berpendapat bahwa ada banyak keuntungan bila menimbulkan rasa "bermain" kembali ke sekolah.

Menurut Oblinger, game sangat baik dalam meningkatkan perhatian kita. Karena itu, dia percaya bahwa game harus dieksplorasi sebagai alat edukasi. Ini sangat masuk akal, karena game bisa membuat siswa tertarik selama berjam-jam.

Richard van Eck, dari Universitas South Dakota, mengatakan kegembiraan merupakan bonus besar bagi siswa yang belajar melalui game. Dia berpendapat bahwa game merupakan lingkungan edukasi yang besar karena berbagai alasan.

Karena pemain sering diperlukan untuk membuat keputusan penting (seperti pada Farm Frenzy 3), mereka dipaksa untuk memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran. Untuk menambahkan ini, mereka sering harus belajar untuk berurusan dengan rekan-rekan mereka. Hal ini membuat mereka lebih terlibat dan tertarik untuk bekerja dengan orang.

Siswa lebih mungkin untuk merespon metode mengajar yang lebih “modern”. Tidak ada alasan bahwa game tidak dapat menjadi salah satu dari metode ini. Semakin banyak orang yang mulai melihat manfaat dari pendekatan ini. Namun, terlepas apakah seorang guru akan memakai metode ini atau tidak merupakan keputusan seorang guru itu sendiri.

Share on Facebook