• Register

Berbagai Lomba dalam Merayakan Kemerdekaan 17 Agustus

Author : Rico    

anak-merayakan-kemerdekaan1

Setiap tanggal 17 di bulan Agustus, kita memperingati hari lahirnya Tanah Air tercinta kita ini Indonesia. Ya, 17 Agustus tepatnya pada tahun 1945 merupakan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia karena pada hari itulah Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.

Oleh karena itulah, setiap tanggal 17 Agustus, hampir setiap rumah memasang bendera Merah putih, umbul-umbul juga dipasang di setiap komplek perumahan, dan juga diadakan upacara Bendera sebagai peringatan akan hari kemerdekaan.

 

Namun ada hal yang unik dan membudaya bagi Bangsa Indonesia dalam merayakan hari Kemerdekaannya, yaitu dengan adanya festival-festival berupa lomba-lomba yang telah menjadi budaya tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Perayaan kemerdekaan dihiasi oleh meriahnya dan canda tawa orang-orang yang ikut serta dalam lomba-lomba tersebut. Nah, berikut ini adalah lomba-lomba yang sudah menjadi budaya tersendiri dalam merayakan Kemerdekaan Indonesia.

 

 tarik-tambang-eductory

1. Tarik Tambang

Permainan ini cukup sederhana, tarik tambang adalah permainan yang dilakukan oleh 2 kubu tim yang terdiri dari beberapa orang. Setiap tim memegang sebuah tambang dari arah yang saling berlawanan dan kemudian setiap tim harus saling tarik menarik tali tambang tersebut. Tim yang ditarik sampai melewati batas tengah adalah tim yang kalah sedangkan yang berhasil menarik tim lawan adalah tim yang menang.

 

 balap-karung-anak

2. Balap Karung

Balap karung merupakan permainan dimana setiap peserta harus memasukkan kedua kakinya kedalam karung, biasanya karung goni. Setelah itu setiap peserta harus berlomba dengan peserta lainnya untuk mencapai garis finish yang sudah ditentukan, tentu saja dengan cara melompat-lompat.

 

lomba-makan-kerupuk-anak

3. Makan Kerupuk

Lomba ini merupakan salah satu lomba yang paling seru dalam perayaan 17 Agustus, dalam lomba makan kerupuk ini, kerupuk digantung dengan tali, lalu setiap peserta harus berlomba memakan kerupuk yang digantung tersebut tanpa menggunakan tangannya, jadi hanya mulut yang menghadap keatas untuk memakannya.

 

lomba-sendok-kelereng

4. Sendok Kelereng

Setiap peserta membawa sendok dengan menggunakan mulutnya, dimana pada ujung sendok diletakkan sebuah kelereng. Peserta harus berlomba berjalan hingga ke garis finish tanpa menjatuhkan kelereng tersebut. Seru bukan?

 

panjat-pinang-1

5. Panjat Pinang

Lomba ini tentunya lebih ditujukan bagi orang dewasa. Sebuah pohon pinang yang tinggi dimana diatasnya digantung banyak hadiah. Setiap tim yang terdiri dari 4-5 orang harus bekerja sama untuk memanjat dan mengambil hadiah-hadiah tersebut. Lomba ini tentunya tidak mudah, apalagi pohon pinang tersebut dilumuri oleh pelumas untuk membuatnya menjadi licin.

 

lomba-tangkap-belut

6. Lomba Memindahkan Belut

Lomba ini dibutuhkan ketangkasan, kesabaran, serta keberanian. Tiap peserta harus dengan cepat memindahkan belut dari ember yang satu ke ember yang lain. Tentu saja hal tersebut tidak mudah karena belut tersebut sangat licin dan sering kali jatuh.

 

Sebagai orang tua, kita tentunya wajib menanamkan rasa nasionalisme pada diri anak sehingga kelak ia akan menjadi orang yang mencintai Negara nya dan bermanfaat bagi Bangsa ini. Mengikutsertakan anak kita dalam kegiatan-kegiatan lomba 17 Agustus merupakan hal yang sangat positif. Karena selain menumbuhkan rasa nasionalisme, anak juga belajar untuk berkompetisi, melatih ketangkasan, sertanmenciptakan kebersamaan dengan lingkungan sekitar. Semoga anak-anak kita bisa menjadi penerus Bangsa ini yang membawa Negara Indonesia menjadi negara yang lebih baik. MERDEKA!

 

dirgahayu-kemerdekaan-ri-68

DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA ke 68

Share on Facebook