• Register

Generasi Millenial, Generasi Anak Masa Kini

Author : jusj4mbu    

Generasi-Millenial-generasi-anak-masa-kini

Setiap generasi memiliki ciri khas, kepribadian, dan nilai-nilai yang berbeda. Orang-orang yang lahir pada tahun sebelum kemerdekaan dan setelahnya memiliki karakteristik yang berbeda. Begitu juga Orang-orang yang lahir pada tahun 1950-1970an dengan orang-orang yang lahir pada tahun 1980 keatas.

Perbedaan tersebut disebabkan oleh banyak faktor mulai dari faktor sosial, ekonomi, hingga teknologi. Nah, Faktor teknologi inilah yang menyebabkan generasi anak saat ini sangat berbeda dengan generasi-generasi terdahulunya.

 

Generasi Millenial atau kadang juga disebut sebagai generasi X, adalah sebutan untuk generasi anak di masa kini. Generasi yang ingin merasa bebas tanpa terikat apapun, juga Ambisius dan sangat percaya diri akan kemampuan dan potensinya yang tak terbatas. Generasi ini memiliki kecintaan yang berlebihan terhadap dirinya sendiri, cenderung egois dan invidualis, maka itu generasi ini juga disebut sebagai generasi "aku,aku,aku".

 

 Perkembangan teknologi dan internet, serta munculnya berbagai sosial media adalah pemicu utama berkembangnya generasi Millenial ini. Perkembangan tersebut membuat dunia seolah tidak ada jarak (globalisasi) dan juga setiap orang menjadi sangat terkoneksi. Bayangkan bahwa setiap remaja di Indonesia lebih memilih aktif di facebook dan twitter dalam setiap waktu luangnya, dibandingkan dengan melakukan aktivitas atau hobi lainnya.

 anak-dan-facebook

 

Kita juga perlu memahami bahwa remaja sekarang sibuk berkeinginan untuk mendapatkan barang-barang yang sebenarnya bukan kebutuhan mereka, namun berusaha diperoleh hanya untuk mendapatkan pengakuan dan status sosial. Seorang remaja saat ini mungkin akan merasa depresi dan minder karena tidak memiliki Blackberry saat semua teman-temannya menggunakannya. Atau membeli kamera DSLR hanya untuk status sosial sebagai fotografer, walaupun tidak mempunyai hobi atau kemampuan fotografi.

 

Bagaimanapun juga, Generasi Millenial ini tidak sepenuhnya negatif, Banyak hal positif yang bisa didapatkan dari perkembangan generasi ini. Dalam lingkungan generasi ini, setiap anak didorong untuk memiliki kreativitas yang tinggi dan pandangan jauh kedepan (visioner). Dengan kepercayaan diri yang tanpa batas, mereka berusaha menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi di dunia, membawa dunia ini ke arah yang lebih baik. 

 

Tentu saja semua itu tidak lepas dari peran orang tua, sebagai generasi terdahulu yang harus lebih memahami anaknya, potensinya, serta lingkungan dimana ia akan bersosialisasi. Orang tua mempunyai peran penting dalam membangun karakter positif bagi anak sebagai sebuah generasi millenial. Tentu saja kita semua berharap agar mereka menjadi sebuah generasi penerus masa depan yang membawa perubahan dan kemajuan bagi sebuah Bangsa dan Dunia.

 

generasi-millenial-anak

 

 

Artikel Menarik Lainnya : Review Game : Armor Kingdom

Share on Facebook