• Register

Permainan Tradisional Bawa Manfaat

Author : jusj4mbu    

tradgamesBagaimana kesan Anda jika mendengar kata "galah asin/gobak sodor", "congklak", dan "permainan benteng" ? Tentu banyak orang tua tidak asing dengan sejumlah permainan tradisional tersebut. Namun seiring dengan semakin berkembangnya teknologi gadget, apakah anak Anda juga mengenal permainan tersebut ?

Dunia saat ini semakin dimanjakan dengan teknologi canggih yang tak tertandingi. Kecanggihan ini tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, namun juga anak-anak, bahkan mungkin termasuk anak Anda. Anak-anak seolah semakin bersahabat dan enggan untuk lepas dari kecanggihan teknologi. Pernahkah Anda mengajak anak Anda bermain permainan tradisional ? Tahukah Anda, ternyata permainan tradisional memberikan manfaat pada perkembangan jiwa seorang anak.

Menurut beberapa penelitian para pengamat diantaranya dari Mohammad Zaini Alif yang tergabung pada Komunitas Mainan Rakyat Jawa Barat (Hong), Rudy Co Rens yang tergabung dalam Museum Anak Kolong Tangga Yogyakarta, dan Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal Regional I DirJen Pendidikan Non Formal dan Informal Regional DepDikNas Haris Iskandar menyatakan bahwa permainan tradisional dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap seorang anak. Selain itu, permainan tradisional bisa juga dapat mengembangkan aspek pengembangan moral, nilai agama, sosial, bahasa, dan fungsi motorik.

Berikut berbagai manfaat permainan tradisional beserta contoh permainan yang bisa dimainkan bersama anak Anda :

  • Mengembangkan kecerdasan intelektual

Contoh permainan : Gagarudaan/Abc ada Lima, Oray-Orayan/Ular-Ularan/Ular Naga

Permainan tersebut membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang luas karena sebenarnya permainan ini merupakan permainan tebak kata.

  • Mengembangkan emosi antar personal

Contoh permainan : Bebentengan, Anjang-Anjangan/Rumah-Rumahan, Kasti

Permainan tersebut terdiri dari beberapa anak yang terbagi dalam dua tim berbeda yang dapat membantu mengasah emosi untuk saling menolong antar anggota tim

  • Mengembangkan kecerdasan logika

Contoh permainan : Congklak, Engklek/Gedrik, Bekel, Dam-Daman/Macan, Lompat Tali, Kelereng/Gundu, Gasing, Yoyo

Dalam permainan tersebut para pemain sebisa mungkin menyusun strategi untuk menentukan langkah yang tepat agar bisa mengalahkan lawan.

  • Mengembangkan kecerdasan kinestik

Contoh permainan : Galang asin/Gobak Sodor, Lompat Tali, Adang-Adangan, Egrang

Permainan tersebut mengharuskan anak untuk melompat, berlari, menari, berputar, dan gerakan lainnya. 

  • Mengembangkan kecerdasan natural

Contoh permainan : Masak-Masakan, Mobil-Mobilan dari Kulit Jeruk Bali, Encrak dari Batu, Egrang ari Bambu, Sepak Bola Takraw dari Rotan

Permainan ini banyak menggunakan alat yang berbahan dari alam, sehingga anak akan menyatu dengan alam dan sekitarnya.

  • Mengembangkan kecerdasan spasial

Contoh permainan : Anjang-Anjangan/Rumah-Rumahan

Permainan tersebut membutuhkan ruang atau tempat untuk bermain sehingga anak dapat mengenal konsep ruang. selain itu, anak juga dapat bermain teatrikal karena biasanya terdapat berbagai peran di dalamnya.

  • Mengembangkan kecerdasan musikal

Contoh permainan : Oray-Orayan/Ular Naga, Uncang-Uncang Angge/Ungkang-Ungkang, Ambil-Ambilan

Dalam permainan tersebut anak dapat bernyanyi, sehingga anak akan terlatih untuk bernyanyi tanpa nada yang sumbang

Jadi, sudah tentu tidak hanya permainan digital yang unggul, namun juga permainan tradisional yang kerap dilupakan justru mempunyai segudang manfaat bagi perkembangan anak Anda. Permainan tradisional membawa manfaat bagi anak anda.

Selamat bermain !

Share on Facebook